English Tenses

English Tenses – Dalam bahasa Inggris, bentuk kata kerja yang bertindak sebagai unsur verb (sekali-kali boleh disebut predicate) akan berubah-ubah mengacu pada kapan peristiwa/keadaan yang dimaksud kata kerja tersebut berlangsung. Pola-pola kata kerja yang berbeda-beda berdasarkan kepan peristiwa tersebut berlangsung dikenal dengan istilah tense. Dengan kata lain, tense adalah perubahan bentuk kata kerja berdasarkan situasi/keadaan, hal dan waktu.

Perbedaan pemakaian pola kata kerja (tense) sengat dipengaruhi oleh persepsi si pembicara akan suatu peristiwa dan akan suatu keadaan. Supaya terperoleh pengungkapan yang tepat akan persepsi waktu, seorang pembicara bahasa Inggris, terutama penutur asing, harus mengenal betul aturan yang membelenggu dan memagari suatu pemakaian pola kata kerja tertentu. Pengenalan pola yang sama juga berfaedah untuk memahami makna dibalik suatu tuturan orang lain yang terhantarkan oleh tense ini.

Secara tradisional, tense dapat dibedakan menjadi 3 kelompok periode waktu utama: masa sekarang (present), masa lampau (past) dan masa mendatang (future). Pola utama/dasar ini selanjutnya disebut bentuk simple. Dalam masing-masing pola dasar ini dapat pula dilihat aspek (aspect) bagaimana peristiwa itu berlangsung yakni apakah sedang berlangsung (continuous), telah usai (perfect), atau masih sedang berlangsung(perfect continuous). Ketika tense dikaitkan dengan mood (sikap penutur) terbentuk pulalah future dalam ranah past. Dengan demikian, pola utama dan bagaimana aspeknya akan melahirkan 16 pola umum tense sebagai berikut:

WAKTU (TIME)
PRESENTPASTFUTUREPAST FUTURE
A

S

P

E

C

T

SIMPLEPresent SimplePast SimpleFuture SimplePast Future Simple
CONTINUOUSPresent ContinuousPast ContinuousFuture ContinuousPast Future Continuous
PERFECTPresent PerfectPast PerfectFuture PerfectPast Future Perfect
PERFECT

CONTINUOUS

Present Perfect ContinuousPast Perfect ContinuousFuture Perfect ContinuousPast Future Perfect Continuous